MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKALA DI SD NEGERI SIKALONDANG

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKALA DI SD NEGERI SIKALONDANG

Oleh: Tri Gunanto

ABSTRAK

Sebagai seorang kepala sekolah pada jenjang pendidikan formal dituntut untuk memiliki seperangkat kompetensi yang meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang harus dikuasai dan ditampilkan oleh kepala sekolah Sehingga kinerja guru lebih meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Penelitiaan ini bersifat reflektif dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik-pratik kegiatan kinerja guru dalam proses pembelajaran di kelas lebih profesional melalui suatu tindakan supervisi akademik secara berkala. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sikalondang, dengan subjek penelitian sebanyak 6 orang guru. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September 2018 s/d November 2018. Data-data yang terkumpul dari lokasi penelitian akan diolah dengan cara mengelompokkan data dan membuat penyajiannya dalam bentuk catatan deskriptif dan presentase, catatan refleksi beserta pembahasannya dan mengambil kesimpulan dari khusus ke umum. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru SDN Sikalondang dalam melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada Permendiknas No. 41 Tahun 2007 dapat ditingkatkan melalui Supervisi Akademik secara berkala. Hal ini terlihat dari rata-rata tingkat kemampuan guru pada siklus I sebesar 69,18% yang tergolong kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 79,95% yang tergolong dengan kategori baik. Dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui supervisi akademik secara berkala.

Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pelaksanaan Pembelajaran, Meningkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More