JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKALA DI SD NEGERI SIKALONDANG
Oleh: Tri Gunanto
ABSTRAK
Sebagai seorang kepala sekolah pada jenjang pendidikan formal dituntut untuk memiliki seperangkat kompetensi yang meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang harus dikuasai dan ditampilkan oleh kepala sekolah Sehingga kinerja guru lebih meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Penelitiaan ini bersifat reflektif dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik-pratik kegiatan kinerja guru dalam proses pembelajaran di kelas lebih profesional melalui suatu tindakan supervisi akademik secara berkala. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sikalondang, dengan subjek penelitian sebanyak 6 orang guru. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan September 2018 s/d November 2018. Data-data yang terkumpul dari lokasi penelitian akan diolah dengan cara mengelompokkan data dan membuat penyajiannya dalam bentuk catatan deskriptif dan presentase, catatan refleksi beserta pembahasannya dan mengambil kesimpulan dari khusus ke umum. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru SDN Sikalondang dalam melaksanakan pembelajaran yang mengacu pada Permendiknas No. 41 Tahun 2007 dapat ditingkatkan melalui Supervisi Akademik secara berkala. Hal ini terlihat dari rata-rata tingkat kemampuan guru pada siklus I sebesar 69,18% yang tergolong kategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 79,95% yang tergolong dengan kategori baik. Dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui supervisi akademik secara berkala.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Pelaksanaan Pembelajaran, Meningkat