PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGUKUR PANJANG BENDA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PENGGARIS DAN METERAN

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGUKUR PANJANG BENDA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PENGGARIS DAN METERAN

Oleh: Jaya Murni

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar siswa kelas II-A melalui penggunaan alat peraga penggaris dan meteran pada pelajaran Matematika materi mengukur panjang di SD Negeri Kajhu tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 3 bulan yaitu sejak September s.d. November 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas II-A SD Negeri Kajhu tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 20 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Melalui penggunaan alat peraga penggaris dan meteran pada materi mengukur panjang benda pada siswa kelas II-A SD Negeri Kajhu tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, dimana pada pertemuan 1 siklus I sebesar 55%, pada pertemuan 2 siklus I sebesar 65%, pada pertemuan 1 siklus II sebesar 75% dan pada pertemuan 2 siklus II sebesar 95%. Dan persentase aktivitas siswa pada pertemuan 1 siklus I sebesar 55%, pada pertemuan 2 siklus I sebesar 55%, pada pertemuan 1 siklus II sebesar 75%, pada pertemuan 2 siklus II sebesar 95%. Sedangkan persentase kemampuan PBM guru pada pertemuan 1 siklus I sebesar 50% dengan kategori kurang, pada pertemuan 2 siklus I sebesar 66,7% dengan kategori cukup, pada pertemuan 1 siklus II sebesar 77% dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 siklus II sebesar 91,7% dengan kategori amat baik Dengan demikian sebagian besar siswa kelas II-A SD Negeri Kajhu mengalami peningkatan hasil belajar pada materi mengukur panjang benda.

Kata Kunci: Penggaris, Meteran, Panjang Benda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More