JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI MENGUKUR PANJANG BENDA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PENGGARIS DAN METERAN
Oleh: Jaya Murni
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar siswa kelas II-A melalui penggunaan alat peraga penggaris dan meteran pada pelajaran Matematika materi mengukur panjang di SD Negeri Kajhu tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 3 bulan yaitu sejak September s.d. November 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas II-A SD Negeri Kajhu tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 20 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Melalui penggunaan alat peraga penggaris dan meteran pada materi mengukur panjang benda pada siswa kelas II-A SD Negeri Kajhu tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa, dimana pada pertemuan 1 siklus I sebesar 55%, pada pertemuan 2 siklus I sebesar 65%, pada pertemuan 1 siklus II sebesar 75% dan pada pertemuan 2 siklus II sebesar 95%. Dan persentase aktivitas siswa pada pertemuan 1 siklus I sebesar 55%, pada pertemuan 2 siklus I sebesar 55%, pada pertemuan 1 siklus II sebesar 75%, pada pertemuan 2 siklus II sebesar 95%. Sedangkan persentase kemampuan PBM guru pada pertemuan 1 siklus I sebesar 50% dengan kategori kurang, pada pertemuan 2 siklus I sebesar 66,7% dengan kategori cukup, pada pertemuan 1 siklus II sebesar 77% dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 siklus II sebesar 91,7% dengan kategori amat baik Dengan demikian sebagian besar siswa kelas II-A SD Negeri Kajhu mengalami peningkatan hasil belajar pada materi mengukur panjang benda.
Kata Kunci: Penggaris, Meteran, Panjang Benda