JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
MELALUI METODE THREE PHASE TECHNIQUE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 1 SERUWAY
Oleh: Suriani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah melalui metode three phase technique dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.IPS.3 materi recount text di SMA Negeri 1 Seruway tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan sejak September s.d. November 2017 di SMA Negeri 1 Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-IPS SMA Negeri 1 Seruway tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 20 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Melalui metode three phase technique pada materi recount text di SMA Negeri 1 Seruway tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, dimana pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata sebesar 12,5 poin, yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 65 menjadi 77,5. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan sebesar 50%, dari kondisi awal 40% menjadi 90%, di mana yang sudah tuntas hanya 8 siswa pada pra siklus menjadi 18 siswa diakhir siklus II. Persentase aktifitas siswa pada siklus I sebesar 60%, siklus II menjadi 90%, kemampuan PBM guru pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II menjadi 95%. Dengan demikian, sebagian besar siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Seruway mengalami peningkatan hasil belajar pada materi recount text.
Kata Kunci: Three Phase Technique, Recount Text, Hasil Belajar