MELALUI METODE THREE PHASE TECHNIQUE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 1 SERUWAY

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020

MELALUI METODE THREE PHASE TECHNIQUE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS 3 SMA NEGERI 1 SERUWAY

Oleh: Suriani

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah melalui metode three phase technique dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.IPS.3 materi recount text di SMA Negeri 1 Seruway tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan selama 3 bulan sejak September s.d. November 2017 di SMA Negeri 1 Seruway Kabupaten Aceh Tamiang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-IPS SMA Negeri 1 Seruway tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 20 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2. Melalui metode three phase technique pada materi recount text di SMA Negeri 1 Seruway tahun pelajaran 2017/2018 dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa, dimana pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata sebesar 12,5 poin, yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 65 menjadi 77,5. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan sebesar 50%, dari kondisi awal 40% menjadi 90%, di mana yang sudah tuntas hanya 8 siswa pada pra siklus menjadi 18 siswa diakhir siklus II. Persentase aktifitas siswa pada siklus I sebesar 60%, siklus II menjadi 90%, kemampuan PBM guru pada siklus I sebesar 65%, pada siklus II menjadi 95%. Dengan demikian, sebagian besar siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Seruway mengalami peningkatan hasil belajar pada materi recount text.

Kata Kunci: Three Phase Technique, Recount Text, Hasil Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More