JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATERI TATA URUTAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DI INDONESIA PELAJARAN PKN PADA SDN 4 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA
Oleh: Munir
ABSTRAK
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 4 Muara Batu Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan Di Indonesia Pelajaran PKn Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Pelajaran PKn Materi Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan Di Indonesia melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) pada SDN 4 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan Oktober s.d Desember 2019. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Muara Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran dengan cara belajar aktif Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa terutama dalam kemampuan leksikalnya yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (75%), siklus II (91,66%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.
Kata kunci: Model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Prestasi Belajar