MEMERDEKAKAN PESERTA DIDIK BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Oleh: Teuku Husni (Widyaprada Madya)

ABSTRAK

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar yang memberi kesempatan peserta didik mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan yang disukai dan kebutuhannya masing-masing. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang bisa dibedakan oleh guru agar peserta didiknya dapat mengerti bahan pelajaran yang mereka pelajari, yaitu aspek konten yang mau diajarkan, aspek proses atau kegiatan bermakna yang akan dilakukan oleh peserta didik di kelas, aspek asesmen berupa pembuatan produk yang dilakukan di bagian akhir yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Tomlinson and Moon (2013) menyatakan bahwa ada lima prinsip dasar yang membantu guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: 1) lingkungan belajar, 2) kurikulum yang berkualitas, 3) asesmen berkelanjutan, 4) pengajaran yang responsif, dan 5) kepemimpinan dan rutinitas di kelas.

PENULIS

Drs. Teuku Husni, M.Pd.

(Widyaprada Ahli Madya BPMP Provinsi Aceh)

Email: teukuhusni68@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STRATEGI DINAS PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JENJANG SMP SE-KABUPATEN GAYO LUES

ABSTRAK Guru pendidkan Agama Islam (PAI) dituntut untuk memiliki mutu yang mampu memberikan dan merealisasikan harapan dan keinginan semua pihak terutama masyarakat umum yang telah mempercayai sekolah dan guru dalam membina anak didik, akan tetapi kenyataannya mutu guru PAI masih rendah dan memerlukan peningkatan mutu guru, salah satunya yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah […]

Read More

IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI BACA TULIS MELALUI MEMBACA PEMAHAMAN

ABSTRAK National Institute for Literacy mendefinisikan literasi sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat (Kemdikbud, 2017:15). Pada pengembangan literasi, tingkatan membaca yang diharapkan adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan membaca yang memberi peluang bagi pembaca untuk mengkonstruksi […]

Read More

PENGEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA

Pengembangan Kurikulum di Infonesia ABSTRAK Kurikulum merupakan bagian tepenting dari pengembangan dan perbaikan system pendidikan suatu negara. Dengan mempelajari sejarah pengembangan kurikulum akan diperoleh informasi berharga terkait keberhasilan dan kegagalan sebuah kurikulum sebagai alat untuk mencapai cita-cita luhur pendidikan. Kurikulum di Indonesia sejak masa kemerdekaan secara politik berkembang dengan dinamika sentralisasi dan desentralisai pendidikan, perubahan […]

Read More