ABSTRAK
Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar yang memberi kesempatan peserta didik mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan yang disukai dan kebutuhannya masing-masing. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang bisa dibedakan oleh guru agar peserta didiknya dapat mengerti bahan pelajaran yang mereka pelajari, yaitu aspek konten yang mau diajarkan, aspek proses atau kegiatan bermakna yang akan dilakukan oleh peserta didik di kelas, aspek asesmen berupa pembuatan produk yang dilakukan di bagian akhir yang dapat mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Tomlinson and Moon (2013) menyatakan bahwa ada lima prinsip dasar yang membantu guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: 1) lingkungan belajar, 2) kurikulum yang berkualitas, 3) asesmen berkelanjutan, 4) pengajaran yang responsif, dan 5) kepemimpinan dan rutinitas di kelas.
PENULIS
Drs. Teuku Husni, M.Pd.
(Widyaprada Ahli Madya BPMP Provinsi Aceh)
Email: teukuhusni68@gmail.com