
ABSTRAK
Implementasikan Profil Pelajar Pancasila melalui keteladanan dan pembiasan guru sebagai agen perubahan abad 21, siswa lebih menyadari, memahami dan melaksanakan hak serta kewajibannya untuk beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia; mandiri; bergotong-royong; berkebinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif. Peran guru sebagai agen perubahan abad 21 dapat ditinjau dari tiga sudut pandang sebagai aktivitas pengajaran dan administrasi pendidikan, diri pribadi dan psikologis dengan mempunyai lima ciri yaitu: mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya, menguasai secara mendalam materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarnya kepada siswa, bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai evaluasi, mampu berpikir sistematis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalamannya dan merupakan bagian masyarakat belajar dalam lingkungan profesinya dengan empat profilnya yaitu memiliki kepribadian yang matang dan berkembang, menguasai ilmu yang ditekuninya, memiliki keterampilan dan Menguasai sains dan teknologi serta mengembangkan profesi secara berkelanjutan. Metode keteladanan guru sebagai agen perubahan dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila sangat efektif dan efesien dalam membentuk sikap dan prilaku siswa di sekolah, karena siswa tersebut sangat peka meniru dari orang dekatnya terurama orang tua dalam kelaurga (in formal), masyakarat sekitarnya (non formal) dan gurunya di sekolah (formal). Ketiga lingkungan tersebut berpengaruh namun keteladanan dan kebisaan gurunya di sekolah sangat berpengaruh. Kadang anak lebih percaya kepada guru dari pada pihak lainnya.
Penulis:
PENULIS:
Amiruddin (Widyaprada BPMP Provinsi Aceh)
email: amir.lpmpaceh@gmail.com