STRATEGI DINAS PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JENJANG SMP SE-KABUPATEN GAYO LUES

Oleh: Yuswandi (Widyaprada Muda)

ABSTRAK

Guru pendidkan Agama Islam (PAI) dituntut untuk memiliki mutu yang mampu memberikan dan merealisasikan harapan dan keinginan semua pihak terutama masyarakat umum yang telah mempercayai sekolah dan guru dalam membina anak didik, akan tetapi kenyataannya mutu guru PAI masih rendah dan memerlukan peningkatan mutu guru, salah satunya yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana mutu pendidikan guru PAI dan bagaimana Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu guru PAI di Gayo Lues. Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu guru PAI di Gayo Lues. Dalam penulisan penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode  field researchdan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan guru PAI di Kabupaten Gayo Lues dapat dikategorikan dalam keadaan baik dan mulai meningkat dari tahun sebelumnya, hal ini terlihat dari kualifikasi akademik guru yang rata-rata S1, kompetensi yang di implemetentasikan sesuai yang diharapkan oleh undang-undang. Mengenai sertifikat pendidik belum semua guru PAI ada, begitu juga dengan prestasi guru yang belum berkembang atau belum memiliki prestasi yang signifikan, akan tetapi eksistensi guru baik di sekolah maupun di dalam masyarakat itu tergolong sangat tinggi, dimana setiap ada kegiatan guru PAI menjadi yang terdepan dalam menggerakkan hal tersebut. Strategi Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues dalam meningkatkan mutu guru PAI di Gayo Lues dengan meningkatkan kinerja guru, melaksanakan program peningkatan, meningkatkan peran guru PAI, melakukan pembinaan, meningkatkan kedisiplinan, pemberikan motivasi, pemberian pelatihan, pemberian supervisi, dan melakukan evaluasi.

PENULIS:

Yuswandi, S.Pd.I., M.Ag.

(Widyaprada Ahli Muda BPMP Provinsi Aceh)

email: wandilpmpaceh@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STRATEGI KEMITRAAN DENGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PAUD, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH

Latar Belakang Sejarah pendidikan di Aceh pernah mencapai masa kegemilangannya pada masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda (1606 – 1636 M) di Kerajaan Aceh Darussalam. Sultan Iskandar Muda telah menempatkan para ulama dan kaum cerdik pandai pada posisi yang paling mulia dan istimewa dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan. Sehingga pada masa pemerintahannya, Kerajaan Aceh Darussalam […]

Read More

IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI KETELADANAN, KEBIASAAN GURU SEBAGAI AGEN PERUBAHAN ABAD 21

ABSTRAK Implementasikan Profil Pelajar Pancasila melalui keteladanan dan pembiasan guru sebagai agen perubahan abad 21, siswa lebih menyadari, memahami dan melaksanakan hak serta kewajibannya untuk beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia; mandiri; bergotong-royong; berkebinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif. Peran guru sebagai agen perubahan abad 21 dapat ditinjau dari tiga sudut pandang […]

Read More

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETRAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MAPEL IPA SMP

Oleh: Maaruf Fauzan, S.Si, M.Pd (Widyaprada Ahli Madya BPMP Provinsi Aceh) Email: maarufaceh@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini  bertujuan untuk. mengetahui peningkatan ketrampilan berfikir kreatif  siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem  based  learning (PBL) Metode penelitian yang digunakan adalah  quasi experimental dengan desain control group pretest-posttest serta teknik purposive sampling. Pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan keterampilan […]

Read More