STRATEGI DINAS PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JENJANG SMP SE-KABUPATEN GAYO LUES

Oleh: Yuswandi (Widyaprada Muda)

ABSTRAK

Guru pendidkan Agama Islam (PAI) dituntut untuk memiliki mutu yang mampu memberikan dan merealisasikan harapan dan keinginan semua pihak terutama masyarakat umum yang telah mempercayai sekolah dan guru dalam membina anak didik, akan tetapi kenyataannya mutu guru PAI masih rendah dan memerlukan peningkatan mutu guru, salah satunya yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan Kabupaten. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana mutu pendidikan guru PAI dan bagaimana Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu guru PAI di Gayo Lues. Tujuan penelitian  adalah untuk mengetahui Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu guru PAI di Gayo Lues. Dalam penulisan penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode  field researchdan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mutu pendidikan guru PAI di Kabupaten Gayo Lues dapat dikategorikan dalam keadaan baik dan mulai meningkat dari tahun sebelumnya, hal ini terlihat dari kualifikasi akademik guru yang rata-rata S1, kompetensi yang di implemetentasikan sesuai yang diharapkan oleh undang-undang. Mengenai sertifikat pendidik belum semua guru PAI ada, begitu juga dengan prestasi guru yang belum berkembang atau belum memiliki prestasi yang signifikan, akan tetapi eksistensi guru baik di sekolah maupun di dalam masyarakat itu tergolong sangat tinggi, dimana setiap ada kegiatan guru PAI menjadi yang terdepan dalam menggerakkan hal tersebut. Strategi Dinas Pendidikan Kabupaten Gayo Lues dalam meningkatkan mutu guru PAI di Gayo Lues dengan meningkatkan kinerja guru, melaksanakan program peningkatan, meningkatkan peran guru PAI, melakukan pembinaan, meningkatkan kedisiplinan, pemberikan motivasi, pemberian pelatihan, pemberian supervisi, dan melakukan evaluasi.

PENULIS:

Yuswandi, S.Pd.I., M.Ag.

(Widyaprada Ahli Muda BPMP Provinsi Aceh)

email: wandilpmpaceh@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MEMERDEKAKAN PESERTA DIDIK BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

ABSTRAK Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses belajar mengajar yang memberi kesempatan peserta didik mempelajari materi pelajaran sesuai dengan kemampuan yang disukai dan kebutuhannya masing-masing. Dalam pembelajaran berdiferensiasi ada 3 aspek yang bisa dibedakan oleh guru agar peserta didiknya dapat mengerti bahan pelajaran yang mereka pelajari, yaitu aspek konten yang mau diajarkan, aspek proses atau kegiatan bermakna […]

Read More

IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI BACA TULIS MELALUI MEMBACA PEMAHAMAN

ABSTRAK National Institute for Literacy mendefinisikan literasi sebagai kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat (Kemdikbud, 2017:15). Pada pengembangan literasi, tingkatan membaca yang diharapkan adalah membaca pemahaman. Membaca pemahaman dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan membaca yang memberi peluang bagi pembaca untuk mengkonstruksi […]

Read More

PENGEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA

Pengembangan Kurikulum di Infonesia ABSTRAK Kurikulum merupakan bagian tepenting dari pengembangan dan perbaikan system pendidikan suatu negara. Dengan mempelajari sejarah pengembangan kurikulum akan diperoleh informasi berharga terkait keberhasilan dan kegagalan sebuah kurikulum sebagai alat untuk mencapai cita-cita luhur pendidikan. Kurikulum di Indonesia sejak masa kemerdekaan secara politik berkembang dengan dinamika sentralisasi dan desentralisai pendidikan, perubahan […]

Read More